baliho


widgets

Selasa, 04 Juni 2013

Windows bekerja terlalu berat






          Komputer jadi berat/ lambat pada dasarnya bisa jadi karena pengguna kurang memahami dalam mensetting dan memaintenance komputer secara optimal, dan biasanya system computer setelah lama digunakan maka kinerjanya akan menurun secara drastis. Ada banyak penyebab dari hal ini,tetapi sebagian besar dari penyebab tersebut dapat diatasi.



             Banyak faktor yang menyebabkan komputer lambat, misalnya suhu yang terlalu panas, terlalu banyak program yang aktif, dll.  Dengan mengetahui  masalah-masalah yang terlihat, sehingga kita bisa menyimpulkan dimana sumber penyebabnya setelah itu baru diperbaiki. Berikut ini adalah solusi dari beberapa penyebab komputer berjalan berat/lambat :

1.  Cara penggunaan computer
Baik atau tidaknya kondisi komputer pastinya sangat tergantung dari pemakaian komputer. Sebagus apapun ketahanan dan spesifikasi komputer kita, jika diperlakukan dengan tidak baik pasti akan menimbulkan masalah seperti menjadi lambat bahkan rusak, Berikut ini beberapa contoh pemakaian komputer dengan baik :

 ü  Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
 ü  Tidak memaksa komputer untuk menjalankan software 
     atau aplikasi yang berat.
 ü  Defragment hardisk secara teratur.
 ü  Bersihkan file sampah secara teratur.
 ü  Instal antivirus terbaik dan juga ringan.
 ü  Bersihkan komponen-komponen hardware PC secara teratur.
 ü  letakan komputer ditempat yang baik (jauhkan dari tempat panas, lembab 
     dan berdebu).


      2. Kebutuhan Software
Jangan menginstal sistem operasi maupun aplikasi yang memiliki kebutuhan spesifikasi hardware lebih tinggi dari hardware komputer yang kita gunakan, karena sudah pasti komputer tersebut akan berjalan lambat.
Semakin banyak software yang terinstal maka akan semakin berat pula kerja komputer yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Selain itu batasi sofware yang tidak diperlukan yang otomatis aktif pada saat star up dan juga aktif berjalan di background.

      3. Terlalu banyak membuka program
Penyebab inilah yang sering terjadi pada kaum awam yang memaksakan membuka aplikasi atau software yang berlebihan. Untuk itu matikanlah aplikasi yang kiranya tidak perlukan atau sementara dapat ditunda.

4. Visual Effect yang mempengaruhi performa system
Visualisasi dan tampilan desktop Windows secara default memang menggunakan themes yang menarik dan membuat tampilan desktop menjadi lebih bagus.
Untuk membantu mempercepat kinerja system, disarankan untuk mensetting visualisasi tampilan secara minimum dan memilih Theme Classic.

5. Temporary file yang terlalu menumpuk
Biasanya bila terus dibiarkan, temporary file pada laptop akan terus menumpuk dan semakin membengkak, dan akan menghabiskan size HDD,dan membuat loading akan terasa lambat, karena RAM juga akan di sisihkan buat sampah itu.
Untuk mengatasi hal tersebut kita harus rajin membersihkan File sampah di Recycle Bin, dan lakukan defragment(lakukan 4bulan sekali atau 6bulan sekali jangan sering-sering karena akan merusak HDD) dan bersihkan juga pada regisrty atau Regedit, gunakan software utility missal Tune Up dll.

6. Terlalu banyak instal Antivirus
Pada laptop, kita tidak disarankan untuk menginstal antivirus lebih dari dua. Apabila sudah lebih dari 2 biasanya akan terjadi ketidakstabilan. Antivirus bekerja secara bersamaan akan bentrok sehingga sistem akan terganggu yang berdampak pada kinerja laptop/PC yang menjadi lambat,
Karena itulah sebaiknya gunakan satu anti virus saja.

7. Bersihkan virus, spyware dan malware
Mungkin bisa dikatakan ini bisa dijadikan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja laptop. Virus yang terinfeksi di setiap partisi harddisk akan menimbulkan kinerja laptop yang tidak optimal.Virus ini akan menyerang semua Partisi, dan melumpuhkan aktivitas windows,walaupun dalam jangka waktu relatif lama.
cara mengatasi nya sebelum terjadi kita harus persiapkan Antivirus yang bagus seperti eset bisa menjadi pilihan kita dan jangan lupa untuk meng Update definisi Virus, bila perlu Versi Program, agar memastikan, bahwa virus spyware,malware,dll yang baru sudah bisa di atasi oleh Antivirus nya.
jika sudah terserang, maka bersihkan Virus dari Akar, jika sudah parah, maka cara selanjutnya backup data anda, lalu scan ke PC / laptop yang bersih, dan memiliki Antivirus yang update, dan lakukan scan, bila perlu scan di PC atau laptop yang ada Deepfreeze nya, agar lebih safe, setelah itu delete semua partisi dan instal ulang, lalu copy data backup tadi , dan jangan lupa untuk menginstal Anti virus yang terupdate.

8. Overheat (Processor panas) 
Overheat bisa terjadi akibat kinerja yang keras dan terlalu lama. Sirkulasi udara pada laptop/PC yang kurang baik menyebabkan beberapa komponen yang ada pada laptop, seperti HDD,VGA, dan processor akan menjadi cepat panas, dan jika hal itu sering terjadi, maka lama kelamaan, Komponen itu akan down dan akhir nya rusak.
jika memang harus memaksa kinerja laptop dengan maximal, maka kita harus memperbaiki sirkulasi udara, seperti Memasang Fan Tambahan, namun itu bukan menjadi kemungkinan bahwa laptop kita akan aman, karena Kemampuan Komponen laptop tidak lah Bagus (sebagus komponen PC) jadi Laptop harus lah selalu dalam keadaan stabil (tidak bekerja secara berat terus menerus).

9. Banyak debu yang menempel pada rangkaian 
ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop/PC , dengan banyak nya debu, maka sirkulasi Udara pada laptop/PC  menjadi buruk, walaupun sudah memasang FAN tambahan, malah Fan nya akan menjadi ikutan berdebu, jika Fan sudah berdebu, maka angin yang di hembus juga menjadi lebih panas. Untuk mengatasinya, kita harus membongkar casing pada laptop/PC, lalu kita bersihkan.

10. Usia laptop
Hal ini mungkin saja bisa menjadi penyebab kinerja laptop yang lambat. Bukan tidak mungkin bila ada beberapa komponen laptop yang usianya sudah memang harus diganti dengan yang baru, misalnya saja RAM atau processor atau yang lain yang sudah Rusak di makan oleh usia dari komponen. Namun, ini jarang terjadi bila kita benar menggunakan laptop. lakukan perawatan agar hal ini tidak terjadi.







Mungkin itulah beberapa tips untuk mengatasi Windows/PC bekerja terlalu berat semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman, Aamiin...
" Ayo Berbagi Informasi "



             

1 komentar: